Hadits Palsu dan Lemah

بسم الله الرحمن الرحيم

Berkata Al-Hafidz Al-Mizzi Rahimahullah :

“Semua yang diucapkan Rasulullah Shalallahu ‘alahi wassallam adalah baik dan tidaklah semua ucapan baik,  Rasulullah Shalallahu ‘alahi wassallam mengucapkannya”

(Lisanul Mizan, Ibnu Hajar Al-Asqalany 6/365-366)

Tergerak hati kami untuk meringkas dan mengumpulkan beberapa hadits palsu dan lemah yang selama ini telah tersebar di kalangan kaum muslimin, bukan hanya tersebar di lisan-lisan saja akan tetapi juga dibacakan diatas mimbar-mimbar oleh para da’i

Adapun lafadz-lafadz hadits palsu dan lemah yang nanti kami sebutkan bukanlah kami yang menghukumi bahwa hadits-hadits tersebut palsu dan lemah, kami hanya menukil dari ucapan-ucapan Ulama Ahli Hadits seperti Al-Allamah Al-Albany dan Al-Allamah Al-Wadi’I Rahimumahullah, apabila kami tidak menemukan hukum 2 ulama ini terhadap hadits tersebut, maka kami nukil hukum hadits tersebut dari tahqiq seorang Muhaqiq Mesir yang bernama Abu Umair  Al-Mishri dari kitabnya Tuhfathul Muhibbin.

Kami nukilkan hukum tentang hadits-hadits tersebut dengan tanpa menukil penyakit dan sebab-sebab hadits-hadits tersebut dilemahkan. Dengan asumsi bahwa orang yang mengerti tentang istilah-istilah penyakit hadits tersebut Insya Allah mampu untuk merujuk langsung ke kitab-kitab rujukan yang kami nukilkan darinya dan juga untuk meringkas risalah ini.

Lalu terkadang kami nukilkan pula hadits shahih yang datang dengan makna yang serupa atau mirip dengan hadits palsu dan lemah tersebut, sehingga mudah-mudahan kaum muslimin mencukupkan dengan hadits – hadits shahih dan menghindari mengucapkan dan beramal dengan hadits-hadits Palsu dan lemah.

Adapun kitab-kitab para ulama yang membahas permasalahan ini sangat banyak diantaranya :

  1. Al-Manarul Munif  Fi Shahih wa Dho’if karya Ibnul Qoyyim Rahimahullah
  2. Risalah Fi Bayan Ma Lam Yatsbut Fil Hadits Minal Abwab karya Abu Thohir Muhammad Al-Fairuz Abadi Rahimahullah .
  3. Al-Mauduat karya Ibnul Jauzi Rahimahullah
  4. Kitab-kitab karya Al-Allamah Al-Albani Rahimahullah (Dho’iful Jami’, Silsilah Al-Ahadits As-Shahihah, Dho’if Targhib wa tarhib)
  5. Tuhfathul Muhibbin karya Abu Umair Al-Mishri
  6. Al-laaiy Al-Masnu’at fil ahadits Al-Maudu’at karya Imam As-Suyuthi Rahimahullah
  7. Al Fawa’idul Majmu’at Fil Ahadits Al-Maudu’ut karya Imam As-Syaukani.

Satu Tanggapan

  1. Hadist jumlahnya sangat banyak……diantaranya mungkin terdapat hadist yang palsu dan lemah….Kita harus hati2 dalam mengutipnya…..Suatu postingan yang menarik dan sangat bagus bagi kaum muslim…..Salam Kenal dan Persahabatan dari kalimantan…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: