Perkara–Perkara Yang Disunnahkan Ketika Ramadhan

Disunnahkan pada bulan Ramadhan untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an, merenunginya dan banyak beramal sholih seperti sedekah, sholat sunnah dll. Sebagimana dalam hadits Ibnu Abbas Radhiyallahu’ anhuma :

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

Artinya : “ Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi pada bulan Ramadan ketika Malaikat Jibril menemui beliau . Dan Malaikat Jibril menemui beliau pada setiap malam pada bulan Ramadan dan mengajarinya Al-Qur’an . Dan beliau adalah orang yang paling dermawan dalam hal kebaikan melebihi angin yang berhembus “ (HR. Bukhori No. 6 Muslim No. 2308)

Tetap disunnahkan untuk bersiwak walaupun sedang berpuasa , ini adalah pendapat Abu Hanifah, Imam Malik dan dikuatkan oleh Imam Bukhori dan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Berdasarkan keumuman hadits Abu Hurairah Rhadiyallahu’ anhu , Rasulullah Shalallahu ‘alahi wassallam bersabda :

لولا أن أشق على المؤمنين  لأمرتهم بالسواك عند كل صلاة

Artinya : “ Seandainya tidak akan menimbulkan kesulitan atas kaum mu’minin, sungguh aku akan memerintahkan mereka untuk bersiwak setiap hendak sholat” (HR. Bukhori No. 882 Muslim No. 252)

Diperbolehkan bagi orang yang berpuasa menggunakan pasta gigi selama tidak sampai ke bagian dalam tubuh, ini adalah fatwa Ibnu Baaz , Ibnu Utsaimin dan Syaikh Al-Fauzan.

Akan tetapi Ibnu Utsaimin Rahimahullah berpendapat bahwa yang lebih utama adalah tidak menggunakannya, karena terkadang sampai ke bagian dalam , dalam keadaan seseorang tidak sadar . (Fatawa Ramadhan  2/494-497)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: