Kumpulan Hadits Lemah dan Palsu No. 101-103

HADITS KESERATUS SATU :

خمس من العبادة : قلة الطعام عبادة والقعود في المساجد عبادة والنظر في المصحف من غير قراءة عبادة والنظر في وجه العالم عبادة وأظنه قال : والنظر في وجه الوالدين عبادة

“Lima perkara termasuk dari ibadah : Makan sedikt adalah ibadah, Duduk di mesjid adalah Ibadah, memandang mushaf (Al-Qur’an) tanpa membacanya adalah Ibadah, Memandang ke wajah ulama adalah ibadah “ dan aku (Rawi) telah menyangka beliau berkata : “dan memandang wajah kedua orang tua adalah Ibadah”

Berkata Al-Allamah Al-Albani Rahimahullah : (Hadits) sangat lemah, Diriwayatkan oleh Afiffuddin Abu Ma’ali dalam Fadhlul Ilmi (1/115) dari Abu Hurairah Radhiyallahu’ anhu secara Marfu (Silsilah Al-Ahadits Ad-Dhoi’fah No. 1710 dengan ringkasan)

HADITS KESERATUS DUA

تضاعف الحسنات يوم الجمعة

“Pahala kebaikan dilipat gandakan pada hari Jum’at”

Berkata Al-Allamah Al-Albani Rahimahullah : (Hadits) Palsu. Diriwayatkan oleh Ath-Thabrani dalam Al-Ausath dari Abu Hurairah Rhadiyallahu ‘anhu  secara marfu (Silsilah Al-Ahadits Ad-Dhoi’fah no. 1765)

HADITS KESERATUS TIGA

الجنة تحت أقدام الأمهات

“Surga berada di bawah kaki Ibu”

Berkata Al-Allamah Al-Albani Rahimahullah : (Hadits) Palsu. Diriwayatkan oleh Ibnu Adi (1/325) dan Al-Uqoli dalam Ad-Dhuafa dari Ibnu Abbas Rhadiyallahu’ anhuma secara marfu.

Juga Diriwayatkan oleh Abu Bakar As-Syafi’I dalam Ar-Ruba’iyah dari Anas  secara marfu

Hadits yang hasan adalah hadits dari Muawiyah bin Jahimah :

أَنَّ جَاهِمَةَ جَاءَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَدْتُ أَنْ أَغْزُوَ وَقَدْ جِئْتُ أَسْتَشِيرُكَ فَقَالَ هَلْ لَكَ مِنْ أُمٍّ قَالَ نَعَمْ قَالَ فَالْزَمْهَا فَإِنَّ الْجَنَّةَ تَحْتَ رِجْلَيْهَا

“Sesungguhnya Jahimah datang kepada Rasulullah Shalallahu ‘alahi wassallam kemudian berkata : “Wahai rasulullah, aku ingin berjihad dan aku telah datang untuk bergabung denganmu”, maka beliau Shalallahu ‘alahi wassallam berkata : “apakah engkau memiliki ibu ?” Jahimah menjawab : “Ya”. Maka beliau Shalallahu ‘alahi wassallam berkata : “Maka layanilah dia  sesungguhnya surga di bawah kedua kakinya”

Diriwayatkan oleh An-Nasa’I (2/54) dan selainnya. (Silsilah Al-Ahadits Ad-Dhoi’fah No. 593 secara rigkasan)

Tinggalkan komentar